Tips dan Trik Serta Cara Merawat Tanaman Bonsai Agar Tumbuh Subur dan Tidak Cepat Mati

- 12 April 2024, 08:05 WIB
Bonsai Santigi
Bonsai Santigi /

JURNALSUMSEL.COM - Pecinta tanaman hias pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman bonsai, yang merupakan tanaman unik dengan bentuk yang mungil. Biasanya, orang-orang merawat bonsai untuk memperindah sudut rumah atau juga sebagai koleksi karena hobi. Maka dari itu perlu diketahui cara merawat tanaman bonsai dengan baik dan benar.

Menjadi salah satu jenis tanaman hias mahal, ternyata tidak semua orang tahu tentang cara merawat tanaman bonsai yang baik dan benar, karena jika salah dalam merawatnya, tanaman bonsai dipastikan tidak akan bertahan lama dan mati.

Bonsai merupakan tanaman yang sengaja diciptakan dalam ukuran kecil. Dengan kata lain, bonsai merupakan hasil perkawinan dari sebuah seni dan tanaman yang dibuat dengan teknik agar tumbuhan yang ditanam dalam pot tetap dapat tumbuh dalam ukuran kecil.

Baca Juga: Cara Memudarkan Bekas Luka di Kulit dengan Menggunakan Bahan Alami

Tujuan dari teknik tersebut adalah agar bonsai yang dihasilkan bisa tumbuh dengan indah dan memiliki bentuk yang unik.

Bonsai merupakan tanaman hias yang berasal dari China, namun sangat populer di Jepang. Masyarakat China mengenal tanaman bonsai dengan sebutan penjing. Karena mengutamakan keindahan dan nilai seni yang tinggi, pada masa itu awalnya bonsai sengaja dibuat menirukan bentuk binatang atau simbol tertentu, hingga pada akhirnya tanaman satu ini menjadi populer karena keindahannya dan mulai merambah ke Jepang khususnya di kalangan bangsawan.

Karena harganya yang mahal dan bukan merupakan tanaman biasa, tentunya cara merawat tanaman bonsai harus benar-benar diperhatikan. Hal ini agar bonsai bisa tumbuh dengan baik dan sehat.

Lantas, apa saja perawatan yang perlu dilakukan? Berikut simak beberapa cara merawat tanaman bonsai agar tumbuh dengan baik.

Cara Merawat Tanaman Bonsai

1. Menaruh bonsai di tempat yang benar

Halaman:

Editor: Aisa Meisarah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah