Cara Mendeteksi Gejala Awal Diabetes, Perhatikan 3 Kondisi Tubuh Berikut Ini

- 11 April 2024, 09:26 WIB
Ilustrasi - Diabetes pada anak
Ilustrasi - Diabetes pada anak /pixabay

JURNALSUMSEL.COM – Bagi Kamu yang ingin tahu apakah kamu termasuk penderita disabetes atau tidak bisa cek dan kenali gejala khasnya di sini.

Faktanya, ada beberapa gejala khas untuk ketahui apakah Kamu penderita diabetes atau tidak. Salah satunya terlalu sering buang air kecil.

Tak hanya itu, ada banyak gejala yang dapat menunjukkan bahwa Kamu punya penyakit diabetes. Nah, sebelum menyimak gejalanya Kamu wajib ketahui apa itu sebenarnya diabetes itu.

Baca Juga: Warga Palestina di Gaza Kesulitan Rayakan Idul Fitri Usai Serangan Udara dilancarkan Tentara Israel

Diabetes merupakan suatu penyakit yang berkaitan dekat dengan gula darah atau glukosa. Penyebab yang mendasari penyakit ini bervariasi menurut jenisnya (tipe 1 atau 2).

Namun apa pun jenis diabetes, jika Kamu kelebihan gula dalam darah, Kamu wajib waspada hal ini merupakan tahap awal munculnya masalah kesehatan yang lebih serius salah satunya penyakit kardiovaskular.

Penyakit kardiovaskular yang sering terjadi sebagai komplikasi pada diabetes yakni penyakit jantung koroner (PJK), stroke dan penyakit arteri perifer (PAP).

Menurut estimasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2016, penyakit diabetes termasuk salah satu dari penyebab kematian terbanyak di Indonesia, berkontribusi 6 persen dari seluruh total kematian.

Data terbaru menurut Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) pada tahun 2018 mencatat prevalensi diabetes melitus menurut hasil pemeriksaan gula darah meningkat dari 6,9 persen pada 2013 menjadi 8,5 persen pada tahun 2018.

Halaman:

Editor: Aisa Meisarah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah