Simak! Ini 3 Bahan Alami Hilangkan Iritasi Akibat Genangan Air Banjir

- 23 Februari 2021, 10:40 WIB
ILUSTRASI kulit iritasi.* /PIXABAY/

JURNALSUMSEL.COM - Banjir yang merendam Ibukota Jakarta dan sekitarnya mulai surut, kondisi ini membuat warga mulai membersihkan rumah dari sisa lumpur yang masuk ke dalam rumah.

Namun, tidak dapat dipungkiri jika air banjir yang bercampur sampah bisa menimbulkan gangguan kulit seperti gatal, iritasi dan jamur. Seperti dirangkum JURNAL SUMSEL dari berbagai sumber, berikut tiga bahan alami untuk mengatasinya.

1. Bawang Merah

Terakhir, ada pasangannya bawang putih yakni bawang merah yang sangat berkhasiat untuk mengatasi iritasi pada kulit karena memiliki kandungan vitamin B serta antioksidan yang sangat tinggi untuk menyehatkan kulit dan tubuh.

Bagi yang kuat menahan rasa pedas dan sedikit aneh dari bawang merah, maka bisa mengonsumsi jenis bawang satu ini dalam kondisi mentah.

Baca Juga: Potensi Hujan Deras, BPBD DKI Jakarta Himbau Pemilik Gedung untuk Kosongkan Parkiran Bawah Tanah

Baca Juga: Mau Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12? Wajib Melewati 7 Tahapan Ini Sampai Mendapatkan Insentif Rp2,5 Juta!

2. Bawang Putih

Memiliki kandungan kalium dan vitamin B6 membuat bawang putih masuk ke dalam kategori bahan makanan pertama yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi gatal hingga iritasi pada kulit akibat air banjir.

Bawang putih yang digunakan harus yang masih segar dalam bentuk siung. Bawang putih tentunya dapat diiris tipis dan dicampurkan ke dalam sup dan dapat dikonsumsi secara rutin pasca banjir.

Halaman:

Editor: Mula Akmal

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X